24 Februari 2024
banner 1500x60

Surabaya – (Beritanewsnasional.com) – Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Dr. Pasma Royce, S.I.K., M.H. memimpin apel gelar pasukan “Operasi Lilin Semeru 2023” di Markas Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya, Kamis (21/12/2023).

Kombes Pol Pasma Royce saat memimpin apel pasukan menyampaikan terima kasih atas kehadiran Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, yang mewakili Walikota Surabaya, yang mewakili Dandim 0830 Surabaya Utara, Kadishub, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Kasatpol PP, Kepala BPBD, Ka Dinkes Kota Surabaya, Para Pejabat Utama dan Kapolsek Jajaran.

Saat membacakan sambutan tertulisnya Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Pasma Royce mengatakan bahwa apel gelar pasukan merupakan tahap akhir pengecekan kesiapan personel dan sarana prasarana. Harapannya, pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergis, memastikan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) berjalan secara optimal, aman dan kondusif.

Pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus dipastikan dapat berjalan aman, lancar dan kondusif. Penekanan Bapak Presiden Joko Widodo bahwa Natal dan Tahun Baru ini adalah rutinitas tetapi apapun tetap harus direncanakan, harus disiapkan utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok.

Lebih lanjut, Kombes Pasma menerangkan, berdasarkan survey dari kementerian perhubungan RI, potensi pergerakan masyarakat pada natal 2023 dan tahun baru 2024 diperkirakan 107,63 Juta orang yang mana meningkat sebanyak 143,65 % atau 63.446 Juta orang dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini bersamaan dengan Masa Kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi. Oleh sebab itu dalam pengamanan Nataru, Polri beserta dengan TNI, Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Daerah, Mitra Kamtibmas dan Stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2023 yang dilaksanakan selama 12 hari terhitung mulai tanggal 22 Desember 2023 sampai dengan 2 Januari 2024,” ungkap Kombes Pol Pasma.

Lanjut Kombes Pol Pasma, menyampaikan bahwa Dalam Operasi Lilin 2023, Polri mengerahkan 129.923 Personil yang terdiri dari TNI Polri serta stakeholder terkait lainnya yang ditempatkan pada 1668 Pos Pengamanan, 670 Pos Layanan dan 113 Pos Terpadu dimana untuk menjamin keamanan sebanyak 49676 Objek Pengamanan.

“Pada sisi kamtibmas untuk menjamin Pengamanan Ibadah Natal berlangsung secara khidmat, pastikan setiap lokasi ibadah sudah di Sterilisari, serta libatkan organisasi masyarakat keagamaan dalam kegiatan pengamanan sebagai wujud toleransi umat beragama serta pastikan kehadiran negara hadir dalam setiap kegiatan ibadah masyarakat,” tutur Kombes Pol Pasma.

Pada perayaan Malam Tahun Baru, Kapolrestabes Surabaya juga berpesan untuk melakukan pengamanan dengan maksimal terutama yang melibatkan massa dengan jumlah besar, selain itu pengaturan lalu lintas dan pengamanan pada lokasi secara humanis.

Guna mengantisipasi aksi kejahatan konvensional, Kombes Pol Pasma mengarahkan untuk dilaksanakan Patroli pada Objek Vital, Pusat Ekomoni, dan Wisata serta rawan kejahatan dan pemukiman. Berikan sosialisasi kepada masyarakat yang akan bepergian dalam waktu lama agar melaporkan kepada Petugas Pengamanan setempat, sediakan penitipan kendaraan pada Kantor-kantor Kepolisian

“Keberhasilan pengamanan Operasi Lilin 2023 adalah tanggung jawab bersama. Dalam menghadapi tugas tersebut kita patut memperkuat sinergisitas dan soliditas antar unsur baik petugas maupun keterlibatan masyarakat agar wilayah Kota Surabaya tetap aman dan kondusif,” pungkasnya.

 

 

(Red)

banner 1500x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *