Tingkatkan Budaya Literasi, Bupati Sampang Bersama Kepala Perpusnas RI Meresmikan Gedung Perpustakaan Daerah

oleh -0 Dilihat
oleh

Sampang – (Berita News Nasional) – Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mendampingi Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Muhammad Syarif Bando meresmikan Gedung Perpustakaan Umum Daerah, Kamis (23/11/2023).

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Forkopimda Sampang, Kepala Dispusip se Madura, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Sampang, Pustakawan serta para Pegiat Literasi di Kabupaten Sampang.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sampang Dra. Suhartini Kaptiati menyampaikan bahwa Gedung Perpustakaan Umum Daerah yang dibangun diharapkan menjadi pusat kegiatan pengembangan masyarakat.

Sehingga Perpusda nantinya menjadi tempat yang menarik minat baca, kemudian tempat diskusi dan tempat untuk berkreasi dan berinovasi.

“Gedung dibangun tahun 2022 dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan di tahun 2023 kembali dapat (DAK) untuk pengadaan sarana dan prasarana,” ungkapnya.

Pihaknya berharap dengan adanya Gedung Perpusda dapat menarik minat baca masyarakat di Kabupaten Sampang dan menjadi tempat saling berkreasi dan berinovasi.

Di lantai 1, Gedung Perpusda Kabupaten Sampang terdapat ruang layanan anak kemudian di lantai 2 display buku Madura serta informasi dan hasil karya dan ruang layanan komputer disertai cafe literasi.

Kemudian di lantai 3 terdapat ruang baca umum dan pustaka buku – buku dan si lantai 4 terdapat ruang administrasi dan ruang podcast.

Sementara itu, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menyampaikan bahwa keberadaan Gedung Perpusda tersebut diharapkan dapat meningkatkan budaya literasi.

Selain itu, dampak positif dari hal tersebut dihadapkan dapat menaikkan Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Sampang.

“Perpustakaan memiliki peran penting agar siswa, mahasiswa dan para masyarakat dapat berkumpul menjadi tempat yang positif saling tukar ide dan gagasan,” ujarnya.

Usai meresmikan Perpustakaan Umum Daerah, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat.

Narasumber pertama Kepala Bidang Deposit, Pengembangan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan Dispusip Jawa Timur Melkion Donald kemudian narasumber kedua Kepala UPT Perpustakaan UTM dan ketiga Pustaka Perpusnas RI.

 

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *