Menjelang Pemilu 2024, DPC GMPK Madura Raya Sukses Gelar Seminar Kebangsaan dan Politik

oleh -1 Dilihat
oleh

Bangkalan – (Berita News Nasional) – Ketua Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Pelajar Kebangsaan (DPC GMPK) Madura Raya menggelar diskusi publik dengan tema “Penguatan Demokrasi dan Integritas Pemilu di Indonesia” di Cafe Bintang Sanga, Desa Telang, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Jum’at (29/09/2023).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Guru Besar HTN Fakultas Hukum UTM Prof. Dr Yudi Widagdo Harimurti S.H, M.H sebagai narasumber, Mahasiswa dan pelajar serta anggota GMPK se-Madura

Ketua Pelaksana Bayu Nugraha Al Ghani dalam sambutannya mengatakan bahwa tema kali ini merupakan upaya agar tidak salah dalam memilih pemimpin.

“Kita harus memilih seorang pemimpin yang berintegritas dan mampu memimpin dalam 5 tahun ke depan dan demokrasi adalah pondasi negara kita. Pemilu sarana paling mendasar bagi rakyat untuk berpartisipasi dalam pemerintahan,” ungkap Bayu.

Ditempat yang sama Ketua DPC GMPK Madura Raya, Ananda Rafi Sutrisno, S.H menuturkan, Pemilihan Umum (Pemilu) menjadi tolak ukur berjalannya proses demokratisasi. Oleh sebab itu, Pemilu 2024 yang akan datang menjadi pilihan antara realitas atau harapan publik.

“Melihat kondisi politik demokrasi Indonesia saat ini, menjadikan warga negara Indonesia harus cerdas dalam memilih pemimpin untuk 2024 yang akan datang,” katanya dengan tegas.

Sementara, Prof. Dr. Yudi Widagdo Harimurti, S.H., M.H., menyampaikan, negara Indonesia saat ini masih berada dalam fase demokratisasi belum mencapai fase demokrasi.

Menurut dirinya, semua itu perlu penguatan iman demokrasi bagi setiap WNI agar dapat menjadi sebuah negara yang dapat menerapkan demokrasi seutuhnya berdasarkan Pancasila.

“Dalam hal ini sangat perlu sentuhan pengetahuan tentang kebangsaan dan perpolitikan dilingkungan masing-masing, sehingga dalam menghadapi momentum Pemilu 2024 mendatang kita mampu mensortir peta politik yang ada,” ujar Yudi Widagdo menyampaikan didepan para peserta diskusi.

“Dari hasil kegiatan ini bisa menjadi fondasi atau bekal dalam menghadapi Pemilu 2024 mendatang serta dapat meningkatkan kepekaan pemuda mahasiswa dan warga negara dalam menyikapi pemilihan pemimpin 2024,” sambungnya.

Yudi Widagdo berharap pemuda dan mahasiswa sebagai estafet kepemimpinan bangsa perlu rangsangan dalam menghadapi Pemilu 2024.

“Besar harapan dengan adanya kegiatan ini semoga saudara-saudara tetap konsisten menjaga nilai-nilai pancasila untuk meningkatkan demokrasi dan integritas yang luhur dalam menghadapi Pemilu di tahun 2024, serta bisa bermanfaat bagi kehidupan masing-masing,” pungkasnya.

 

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *