24 Februari 2024
banner 1500x60

MALAYSIA, beritanewsnasional.com – Salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Hal ini salah satu kewajiban para dosen di Perguruan Tinggi, baik Negeri maupun Swasta.

Kegiatan ini telah dilaksanakan mulai dari tanggal 31 Juli sampai 1 Agustus 2023 oleh para Dosen S1 Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya (FEB Unesa), dengan memberikan pelatihan Tatakelola Keuangan Rumah Tangga untuk Orang Tua Siswa Sekolah Indonesia Kuala Lumpur.

Peran serta kontribusi perempuan sebagai ibu rumah tangga memberi penting bagi keluarga dalam mengatur tatakelola keuangan.

Maka dari itu, pemberdayaan orang tua merupakan salah satu upaya untuk mendorong dan meningkatkan potensi literasi tatakelola Keuangan.

Di samping itu, meningkatkan literasi keuangan di Indonesia terutama dikalangan Pekerja Migran Indonesia telah dilakukan oleh Pemerintah melalui implementasi strategi nasional yang dikenal dengan sebutan Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLK).

Ketua Tim PKM Akuntansi Unesa, Rendra Arief Hidayat mengatakan bahwa tujuan dari strategi adalah memberikan edukasi literasi keuangan kepada Warga Negara Indonesia termasuk PMI, agar mereka dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka dalam mengelola keuangan secara efektif.

“Banyak pekerja migran yang tidak memahami prosedur pengiriman uang melalui lembaga keuangan, sehingga menyebabkan penurunan tingkat remitansi pada tahun 2017,” kata Rendra.

Rendra mengungkapkan bahwa sasaran kegiatan ini adalah Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang ada di Malaysia yang merupakan orang tua siswa yang sekolah di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur.

“Peserta menerima penyampaian presentasi dari pemateri sesuai dengan topik yakni literasi keuangan. Adapun jumlah peserta adalah 40 orang yang berasal dari beragam latarbelakang profesi,” ungkap Rendra dalam keterangan resmi, Sabtu (2/9/2023).

Rendra menjelaskan bahwa, materi kami sampaikan adalah literasi keuangan yang dimana kami berharap para peserta PMI di Kuala Lumpur ini dapat mengelola keuangan dengan lebih baik.

“Kami pun berharap kegiatan ini, para peserta PMI di Kuala lumpur lebih cakap dalam mengelola keuangan sehingga dapat merencanakan masa depan di Indonesia nantinya,” pungkas Rendra.

Tim Dosen PKM S1 Akuntansi yang terdiri dari ketua Rendra Arief Hidayat dan Anggota Rohmawati Kusumaningtias, Merlyana Dwinda Yanthi, dan Rediyanto Putra. (red)

banner 1500x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *