24 Februari 2024
banner 1500x60

SURABAYA, beritanewsnasional.com – Ada beragam cara pengabdian dosen Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Lima dosen program studi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dalam bentuk pelatihan penggunaan Integrated System sebagai Teknik Pembelajaran Akuntansi Dasar berbasis Problem Based Learning. Mereka yang diketuai oleh Joni Susilowibowo, dan anggotanya Rochmawati, Hantantri Hardini, Agung Listiadi, dan Irwan Adimas Ganda Saputra.

Pelatihan dengan Integrated System ini dilakukan secara online maupun offline kepada guru-guru MGMP Akuntansi dan Perbankan se-kabupaten Tulungagung. Sementara kegiatan secara online dilaksanakan pada tanggal 21-22 Juli 2023 dan sedangkan kegiatan pelatihan secara offline dilaksanakan pada tanggal 11-12 Agustus 2023 di SMKN 1 Boyolangu, Tulungagung.

Ketua Tim PKM Akuntansi Unesa, Joni Susilowibowo mengatakan bahwa guru ini sebagai salah satu profesi yang dituntut memiliki pembaharuan dalam segala hal, termasuk teknik mengajar yang digunakan guru masa kini.

“Mengapa demikian mengambil topik tersebut, agar guru menjadi kreatif dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran yang menarik perhatian sehingga siswa mampu memahami materi pembelajaran dengan mudah,” kata Joni Susilowibowo dalam keterangan resmi diterima redaksi, Jumat (25/8/2023).

Joni Susilowibowo, mengungkapkan bahwa kali ini sasaran PKM adalah guru-guru MGMP Akuntansi dan Perbankan Tulungagung.

“Karena guru-guru MGMP Akuntansi dan Perbankan perlu melakukan update dan upgrade ilmu yang berbasis pembelajaran abad 21. Tak hanya itu, kegiatan PKM ini dilakukan untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru yang tergabung dalam MGMP Akuntansi dan Perbankan Kab. Tulungagung,” ungkap Joni Susilowibowo.

Lebih lanjut, kata Joni Susilowibowo, ada beberapa materi kami sampaikan dalam kegiatan PKM tersebut. Diantaranya adalah konsep dasar pembelajaran akuntansi dengan teknik integrated system, penggunaan kartu kerja dalam pembelajaran Akuntansi dengan Teknik Integrated System, pengembangan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran akuntansi, pengembangan alat evaluasi pembelajaran akuntansi berbasis HOTS, dan praktik penyusunan teknik integrated system menggunakan kartu kerja dalam pembelajaran akuntansi.

“Guru-guru peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini. Selain karena aplikasinya bisa dioperasikan pada kartu kerja masing-masing juga secara teori akuntansi dan perbankan mereka sudah mengenal serta mempresentasikan hasil pelatihan sesuai mata pelajaran masing-masing guru,” tutur Joni Susilowibowo. (red)

banner 1500x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *