Walikota Surabaya Eri Cahyadi Resmi Membuka Great Expo SGE 2023

oleh -0 Dilihat
oleh

berita news nasional – Surabaya –

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi secara resmi membuka Surabaya Great Expo (SGE) 2023 yang digelar di Exhibition Hall Grand City Surabaya, Rabu (16/8/2023). Pameran yang digelar selama lima hari sampai 20 Agustus 2023 itu menjadi ajang pameran UMKM sekaligus menjadi ajang pameran pelayanan publik yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Acara pembukaan itu semakin meriah dengan penampilan dari Orkestra SMPK Santa Maria. Bahkan, saat itu juga ada penampilan fashion show dari anak-anak hebat (anak disabilitas) Surabaya. Seusai acara, Wali Kota Eri bersama tamu undangan lainnya juga sempat mengunjungi satu persatu stand peserta yang ada di area pameran.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Eri mengatakan bahwa Surabaya Great Expo 2023 ini berbeda dengan sebelumnya karena tahun ini banyak menampilkan UMKM yang sudah naik kelas. Ia mencontohkan seperti sepatu yang sedang dipakainya hari ini desainnya sudah luar biasa. “Alhamdulillah semakin tahun semakin banyak UMKM yang sudah naik kelas, dan ini memberikan pemasukan tersendiri kepada UMKM Surabaya,” kata Wali Kota Eri.

Bahkan, dalam SGE tahun ini juga ada tempat bagi UMKM kuliner yang ada di sisi timur gedung Grand City Mall. Ada pameran produk hasil dari anak-anak berprestasi dan juga ada pemberian BPJS Ketenagakerjaan yang diberikan PT Debindo Mitra Tama kepada 100 pelaku UMKM Surabaya.

“SGE kali ini juga ada peserta binaan dari Angkatan Laut, ada dari Makasar, dan juga Bali. Jadi, banyak juga yang dari luar Surabaya, dan ini menunjukkan bahwa Surabaya ini semakin menarik untuk menjadi tempat investasi,” tegasnya.

Selain itu, SGE 2023 ini juga menjadi ajang untuk pameran pelayanan publik yang telah dilakukan oleh Pemkot Surabaya. Sebab, ia menyadari bahwa pelayanan publik itu harus terus dilakukan perbaikan-perbaikan karena tidak ada yang sempurna, makanya setiap saat dan setiap waktu terus dilakukan penyempurnaan apabila ada masukan-masukan dari masyarakat.

“Inilah yang saya butuhkan perbaikan-perbaikan yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Jadi, kita terus melakukan perbaikan sehingga Surabaya Great Expo ini bisa menaikkan kemampuan UMKM dan bisa menaikkan kualitas pelayanan publik di internal Pemkot Surabaya,” katanya.

Ia juga menegaskan bahwa pameran yang digelar oleh Pemkot Surabaya bersama PT Debindo Mitra Tama itu akan menjadi acara rutin setiap tahunnya. Hal ini berarti bahwa melalui SGE ini Pemkot Surabaya tidak pernah berhenti berinovasi dan tidak cepat berpuas diri, sehingga kemampuan UMKM terus dinaikkan kelasnya dan pelayanan publik yang ada di pemkot juga terus dilakukan perbaikan untuk menjadi lebih baik.

“Alhamdulillah target transaksinya juga terus naik setiap tahunnya, tahun ini target transaksi kita sebesar Rp 7,5 miliar,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan Kota Surabaya Dewi Soeriyawati mengatakan Surabaya Great Expo 2023 merupakan pameran multi produk mulai dari sektor industri, perdagangan, investasi, pariwisata, perbankan, dan produk unggulan UMKM yang digelar secara rutin dan tahun ini merupakan pameran yang ke – 12 kalinya di Kota Surabaya. Event spektakuler yang melibatkan berbagai pihak ini mengusung tagline “UMKM Kuat, Surabaya Hebat”.

“Nah, fokus kita tahun ini untuk mendukung program Padat Karya Kota Surabaya, menampilkan produk unggulan bagi peserta SGE, dan gelar produk UMKM bagi peserta SGE,” kata Dewi di ruang kerjanya, Senin (14/8/2023).

Menurutnya, acara ini secara resmi akan dibuka pada Rabu, 16 Agustus 2023. Pameran ini akan berlangsung selama 5 hari, mulai pukul 10.00-21.00 WIB, gratis dan terbuka untuk umum. Pameran nasional yang akan diikuti oleh 75 peserta yang menempati 162 stand itu akan menampilkan berbagai informasi dan potensi dari berbagai sektor, baik jasa, layanan masyarakat, dinas, lembaga, jasa perbankan, produk industri besar menengah dan kecil meliputi produk olahan hasil pertanian, perkebunan, pariwisata, hasil olahan kulit, kerajinan, batik, kosmetik, industri makanan – minuman olahan, dan lain-lain.

“Tahun ini Surabaya Great Expo juga semakin semarak dengan adanya “Pesta Kuliner ala Surabaya Great Expo” yang berada di area Amusement Grand City Surabaya. Area ini menampilkan berbagai jajanan hingga makanan pilihan. Ada pula “Bazar Murah UMKM Surabaya” yang digelar sebagai bentuk dukungan kepada para UMKM Surabaya dalam memperkenalkan dan meningkatkan penjualan produk mereka,” pungkasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *