Renungan Suci HUT RI Ke 78 Gubernur Khofifah: Penguatan Kualitas SDM Harus Berdasar Empat Pilar

oleh -0 Dilihat
oleh
banner 468x60

Beritanewsnasional.com – Surabaya –

Kepercayaan dunia pada Indonesia yang terus tumbuh belakangan ini, harus diikuti penguatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) berdasarkan empat pilar Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945.

banner 336x280

 

“Seperti pidato Pak Presiden kemarin pagi, bahwa saat ini, ada kepercayaan dunia pada Indonesia yang sangat bagus itu harus diikuti penguatan kualitas SDM,” ucap Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, usai memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan 10 November Surabaya, Kamis (17/8/2023) dini hari.

 

Menurutnya, tema HUT Kemerdekaan RI ke -78 harus dimaknai dan membutuhkan komitmen bersama dan salah satu yang harus dicapai adalah meningkatan kualitas SDM. “Bagaimana kita besama Melaju untuk Indonesia Maju, sesungguhnya kemajuan membutuhkan komitmen kita untuk meningkatkan kualitas SDM, tetapi tetap, empat pilar Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945 harus menjadi bagian dalam mengemban mandat di sektor apapun dan dalam menjaga negara kesatuan republik Indonesia,” harapnya.

 

Sementara, pada Apel Kehormatan dan Renungan Suci, Gubernur Khofifah mengajak peserta apel dan masyarakat untuk mendoakan para pahlawan yang gugur di medan perang, maupun yang tidak dikenal nama dan tempatnya, di kota-kota, di dusun – dusun, di lereng-lereng gunung, di lembah ngarai dan dasar lautan.

 

“Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa,”ungkapnya.

 

“Kami bersumpah dan berjanji bahwa perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami juga dan jalan kebaktian yang para pahlawan tempuh adalah jalan bagi kami juga,” imbuhnya.

 

Gubernur Khofifah berdoa semoga arwah para pahlawan diterima Allah Subhanahu wa ta’ala tuhan yang maha esa serta mendapat tempat yang sebaik-baiknya.

 

Di Taman Makam Pahlawan 10 November Surabaya tercatat sebanyak 3859 orang terdiri TNI Polri, PNS, dan Pejuang yang dimakamkan, sedangkan yang tidak dikenal sebanyak 53 orang. (Red)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *